Skip to main content

Fitur SEO Wajib di Halaman Posting Blogspot

Apa saja fitur SEO wajib atau yang harus ada di halaman posting blogspot Anda? Kenapa fitur ini harus ada?

Jawaban 2 pertanyaan tersebut akan diulas pada tulisan kali ini. Seperti diketahui algorithma google pencarian semakin kesini semakin menitikberatkan pada kualitas konten atau postingan. Dengan kata lain, semakin SEO sebuah postingan yang anda buat maka kemungkinan untuk memenangkan persaingan di belantara index Google akan semakin tinggi.

Nah, salah satu cara untuk membuat sebuah postingan lebih disukai Google atau dengan kata lain lebih SEO friendly adalah dengan menempatkan atau memasang berbagai fitur yang mendukung ke SEO an sebuah postingan tersebut.

fitur SEO wajib di blogspot

Beberapa fitur SEO ini wajib ada pada halaman posting anda.

Judul Posting H1


Pastikan judul posting blog Anda memiliki Tag Heading H1.
Biasanya template yang sudah SEO sudah memiliki fitur dinamic tag heading ini. Yaitu ketika di halaman utama (homepage), judul posting memiliki tag heading H2 atau H3, tapi ketika berada di halaman posting, otomatis judul posting akan berubah menjadi H1.

Kenapa harus H1? karena robot Google akan mengakses pertama kali judul yang memiliki tag ini dibanding judul dengan tag lainnya. Dan inilah yang nantinya akan terindex di halaman pencarian Google.

Memiliki Related Post


Pastikan halaman posting Anda memiliki widget Related Post.

Lalu, apa fungsi widget ini secara SEO? Widget yang biasanya dipasang di bagian bawah postingan ini sudah teruji sangat penting, yang pertama selain bisa menambahkan interlink yang tentu saja merupakan sebuah keuntungan karena jika sebuah posting memiliki link ke halaman lainnya dengan topik yang relevan maka ini merupakan sebuah poin plus dalam hal SEO.

Karena widget ini biasanya akan secara otomatis memunculkan link tersebut, maka secara otomatis pula setiap postingan blog anda akan memiliki banyak interlink dengan topik yang sama dan sangat menguntungkan.

Di sisi lainnya, fitur related post ini sangat membantu pengunjung blog mencari alternatif informasi dengan topik yang sama dengan artikel yang sedang dibacanya, harapannya tentu saja akan meminimalkan bounce rate (pengunjung yang hanya mengunjungi satu halaman blog) di blog anda.

Ada Tombol Berbagi ke Sosial Media


Sebagaimana sudah banyak diketahui bahwa sosial media memiliki peranan yang sangat penting dalam hal mendatangkan pengunjung ke sebuah blog. Selain itu sebuah postingan yang semakin banyak dibagikan ke sosial media, maka akan mendapatkan poin yang lebih baik di mata search engine dalam hal ini Google.

Pendek kata tombol berbagi di berbagai sosial media sangat krusial atau wajib hukumnya ada di sebuah postingan blog.

Mengaktifkan Meta Description


Pastikan anda sudah mengaktifkan meta description di blogspot anda. Sehingga pada setiap postingan akan muncul fitur kolom description yang sebenarnya berfungsi sebagai deskripsi ringkas mengenai topik yang dibahas pada artikel yang sedang anda tulis.

Jika anda sudah memasang meta description ini, maka robot google dengan mudah sudah bisa membaca isi dari artikel anda. Seterusnya bisa mudah, yaitu dengan mengisinya menggunakan berbagai kata kunci yang sedang anda targetkan untuk artikel tersebut.

Nah, beberapa fitur tersebut merupakan fitur SEO wajib yang  sebaiknya harus ada di setiap halaman posting blogspot Anda.

Comments

  1. We are a leading digital marketing company in Toronto. Our services include SEO, SMO, Google ads, Facebook ads.

    ReplyDelete
  2. We are a leading digital marketing company in Brampton. Our services include SEO, SMO, Google ads, Facebook ads.

    ReplyDelete
  3. Hey Thanks for sharing this blog its very helpful to implement in our work



    Regards
    It Agency

    Best Digital Marketing Agency in California

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts

5 template blogspot toko online terbaik dan gratis

Template blogspot untuk toko online yang terbaik dan gratis sudah banyak bertebaran di internet. Namun kali ini tips SEO terbaik akan membagikan informasi khusus untuk template blogger toko online terbaik sekaligus SEO namun tetap gratis khusus untuk pengunjung blog ini. Pilihan untuk template blogspot toko online banyak sekali, bahkan untuk template blogspot toko online yang gratis pun banyak yang memiliki kualitas seperti halnya template premium alias template berbayar. Informasi mengenai template toko online blogspot gratis ini sengaja dibagikan di blog ini untuk memudahkan anda menentukan pilihan mengenai template yang paling cocok dan sesuai untuk memajang produk-produk anda. Baca tips SEO dan alternatif template toko online terbaru lainnya berikut: Cara submit sitemap terbaru di google webmaster Gratis 9 Template Toko Online Blogspot Full Responsive Semua template yang diinformasikan di sini ada yang memiliki fitur shopping cart dan ada yang tidak sehingga bisa menyesua

Memasang Widget Recent Post Berdasar Label dengan Thumbnail Paling Mudah

Sampai saat posting ini diterbitkan, blogspot belum pernah secara khusus dan resmi merelease widget recent post (post terbaru) berdasarkan label. Hanya ada widget recent post berdasarkan posting terbaru dan widget archive yang berisi semua posting. Padahal widget seperti ini sebenarnya cukup banyak dibutuhkan oleh blogger. Khususnya jika memiliki blog yang memiliki topik majalah atau berita. Berikut ini akan Saya bagikan script untuk membuat dan menambahkan widget recent post berdasarkan label. Ada dua tipe yang ingin Saya bagikan. Yang pertama adalah untuk widget recent post label yang memiliki fitur thumbnail dilengkapi dengan judul dan deskripsi posting. Sedangkan yang kedua adalah untuk recent post based label yang hanya menampilkan thumbnail saja. Panduan yang dibagikan di sini sengaja Saya pilihkan yang paling mudah, yaitu cukup memasangnya atau mengcopy script dengan sedikit editing untuk penyesuaian dengan blog Anda, dan memasangnya (Paste) ke dalam widget HTML/Javascri

Cara Menambahkan Shopping Cart di Template Blogspot

Bagaimana cara menambahkan shopping cart ke template blogspot? Seringkali Tips SEO Terbaik menerima pertanyaan ini. Nah tulisan kali ini akan mencoba memberikan panduan mengenai cara memasang shopping cart ke template blogspot. Shopping cart yang dipasang adalah dengan checkout via paypal. Panduan memasang atau menambahkan shopping cart ke template blogspot ini sebenarnya pernah ditulis oleh Kangismet di blognya blog.kangismet.com.  Script shopping cart sendiri diambilkan dari scriptnya simplecart buatan thewoojogroup.com . Pemakaian SimpleCart.js ini sangat cocok untuk platform blogspot yang tidak menggunakan php. Pemasangannya sebenarnya cukup sederhana. Sebelum membaca lebih lanjut panduan menambahkan shopping cart di template blogspot ini ada baiknya anda melihat dulu live demonya DISINI Berikut panduannya. Memasang Script Shopping Cart di Template Langkah 1. Pastikan template anda sudah memasang  frame works jquery di template anda, jika belum simpan script berik